The Basilica of Life

Basilica menurut wikipedia adalah bangunan besar dan megah tempat orang berkumpul. Basilica biasanya dibangun oleh pemerintah yang ditujukan untuk keperluan tertentu, misal keperluan mengurus ijin-ijin dan legalisasi, keagamaan, budaya, dll. Basilica pertama dibangun oleh pemerintahan Kaisar Agustus pada jaman akhir sebelum masehi dan diberi nama Basilica of Porcia, Perancis juga punya Basilica, yang diberi nama Basilica of Sacred Heart, dan yang paling terkenal adalah St. Peters Basilicas di Vatikan yang ditujukan untuk tempat keagamaan suatu agama. Jadi secara kesimpulan, Basilica adalah sebuah tempat orang berkumpul untuk berdiskusi, bercerita, dengan tujuan mendapatkan sesuatu tentunya.

Di Tantra Genesis juga mempunyai sebuah Basilica yang saya beri nama sendiri yaitu Basilica of Life. Basilica of Life adalah tempat dimana siapapun boleh berkomentar, memposting cerita atau pengalaman pribadinya tentunya menghasilkan hikmah yang positif terutama bagi orang lain. Topik pembicaraan bebas, boleh soal cinta-cintaan, tentang kehidupan, pengalaman pribadi, atau copas dari tempat lain, tetapi khusus yang copas harus diberikan saduran dari topik aslinya biar ga kena penyalahgunaan hak cipta.

Selamat bercerita😀

STORY #1:
Saya adalah seorang suami yang akan segera mempunyai seorang bayi laki-laki kecil di September nanti, saya juga bekerja di salah satu dari lima besar perusahaan Fiber Cement di Indonesia. Saya mempunyai bos yang tentunya pemilik perusahaan tersebut, bos saya tidak hanya memiliki satu perusahaan itu, total dari semua perusahaan yang beliau miliki adalah sembilan buah perusahaan yang lumayan berkembang semua. Kalo soal duit, jangan ditanya deh, mau beli apa aja bisa, Lamborghini Gallardo terbaru beliau beli cash ga pake kredit-kreditan, mobil di rumahnya ada 8, padahal orangnya cuma 4, belum yang dirumahnya yang lain. So, beliau mau apa aja bisa, wong duitnya kagak keitung. Tapi setelah mengetahui kehidupan beliau lebih dekat, ternyata kehidupan beliau tidak jauh-jauh dari urusan hukum, mondar-mandir urusan dengan aparat hukum sampai dengan urusan pengadilan yang sampai detik ini belun juga tuntas. Saya tidak tahu apa yang beliau rasakan di kehidupannya sehari-hari, tetapi kalau saya mengukur pada diri saya sendiri, pastinya kehidupannya berat, tertekan, tidak bisa tidur enak, mau makan susah, mau minum juga pahit. So apa artinya hidup glamour ?
Di sisi lain, saya juga seorang putra dari empat bersaudara yang mana cowo semua, Ibu saya adalah seorang ibu rumah tangga yang mana kehidupannya diisi dengan berjualan keripik singkong, bukan jualan di pinggir jalan, melainkan semacam distributor yang kapasitasnya tidak terlalu besar, apalagi dibandingin dengan bos pemilik pabrik tadi. Kehidupan ibu saya nyaris seperti kaum hippies, tau kaum hippies ? kaum hippies banyak ditemui di negara-negara dengan iklim subtropis, dimana selalu ada libur di musim panas, kaum hippies adalah orang yang bekerja mati-matian, ambil lembur sebanyak mungkin supaya pas libur musim panas hasil jerih payahnya bisa mereka habisin dengan jalan-jalan keluar negeri atau hal lain yang menyenangkan buat mereka. Orang-orang seperti ini jangan dibilang orang yang tidak mempunyai tujuan, tetapi kalo menurut saya orang seperti ini justru yang mempunyai kehidupan yang jelas. Ibu saya nyaris seperti kaum hippies, bukan kaum hippies sebenarnya, karena ibu saya tidak bekerja terlalu keras, dikarenakan umurnya yang sudah semakin bertambah, tetapi ibu saya selalu menghabiskan uangnya untuk jalan-jalan ke luar kota, naik gunung kesana kemari, dan kemarin saya sempat berbincang dengan ibu melalui telepon :
saya : “mami, gimana kehidupan ?”
mami : “seperti biasa, simple, flat dan sedikit boring”
saya : “hahaha… pergi sono ke dasar kaldera tambora, mami kan belom kesana”
mami : “kumpulin duit dulu… hehehe”

kesimpulan dari kedua cerita diatas sebenarnya adalah saya ingin memberikan gambaran bahwa, duit atau harta yang kita miliki tidak bisa membahagiakan kita kok. Apa artinya duit bergelimang harta, tetapi ketika kita ingin menggunakannya selalu ditakuti dengan resiko hukum di depan, mending duit sedikit tapi makenya enak. Kita tarik lagi dalam skala yang lebih kecil, di dalam game tantra yang kita mainin ini, ada beberapa player yang saya lihat terlalu individual yang punya motto “yang penting char gw kaya” walaupun dia di dalam sebuah guild tetapi tidak pernah membagikan kekayaannya bahkan ke teman guild sendiri. Trus kalo server dimatiin punya apa bro ?

“berbagilah selagi masih bisa berbagi, kekayaan dan kebahagiaan itu dapat anda nikmati apabila tidak ada orang di sekitar kita yang bertindak negatif terhadap kita..”

Salam,
Khrisma / Rendy S

+++
Dikutip dari Forum Tantra Genesis, seijin penulis.

Leave a Reply

